Persiapan Perjalanan Ke Luar negeri

Belajar di Luar Negeri? wow! its must be excited moment..
ehm.. apa aja sich yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat? check this out!:
  • Kenali musim dan cuaca di negara yang kamu tuju, dengan mengenali musimnya kamu akan lebih bisa menentukan beberapa barang atau pakaian jenis apa yang akan diperlukan.
  • Kenali sistem elektronik di negara tujuanmu. Ingat beberapa negara menggunakan voltase yang berbeda dengan negara kita. Jangan lupa juga check spesifikasi ponsel yang akan kamu bawa ke negara tersebut. Di Amerika, ponsel yang bisa aktif disana adalah triple band atau quad band.
  • Tukar mata uangmu dengan mata uang negara tujuan. Selain itu siapkan sebagian uangmu dalam dolar untuk pegangan selama di perjalanan. Bandara-bandara internasional biasanya menyediakan money changer dan menerima pembayaran dengan dolar. Jangan membawa dolar dalam lembaran bernilai besar. Tapi pecahlah dalam nominal kecil sehingga nggak menyulitkan kamu ketika melakukan transaksi, misalnya membeli makanan atau minuman.
  • Perhatikan kesehatan. Bawalah obat-obatan yang kamu perlukan. Bawalah obat-obatan tersebut masih dibungkus dengan mereknya agar kamu nggak dianggap membawa obat-obatan terlarang, atau mintalah surat keterangan/resepoba) tersebut dalam bahasa inggris. Jangan lupa check mata kamu, apabila perlu memperbaharui softlense atau kacamata. Di Indonesia biayanya jauh lebih murah daripada di luar. Sama halnya dengan masalah gigi, segala sesuatu yang berkaitan dengan gigi dan mata disana sangat mahal.
  • Bring your home stuff! Bawa barang-barang yang mengingatkanmu pada rumah, misalnya foto keluarga, teman dan pacar, CD lagu favorit atau resep makanan kesukaanmu bakal sangat menolong ketika kamu diserang homesick.
  • Don’t leave your camera behind!!! Abadikan momen-momen berharga yang belum tentu berulang seumur hidupmu.

Sumber:
Ariestanti, W., dan Andri, Maurin. 2008. Studying Abroad: Belajar Sambil Berpetualang di Negeri Orang. Jakarta: Gagas Media

Comments

  1. Wah... mo jalan2 ke luar negeri nih?
    nitip ole2 ya? hehee *sok kenal mode on*

    ReplyDelete
  2. Terima ksih panduannya sangat berguna sekali buat kami....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama