Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu



Saya iseng cari artikel berkaitan dengan tips belajar menyetir, karena rata-rata pembaca blog ini kebanyakan "nyasar" ke blog ini dengan kata kunci belajar menyetir mobil. Beberapa tulisan yang saya sarankan untuk dibaca dengan cerita yang lebih detail mengenai bagaimana proses saya belajar menyetir mobil bisa dibaca di artikel ini
  1. Belajar Menyetir Hari Pertama
  2. Hari kedua belajar menyetir

Nah ternyata blog saya banyak yang berkunjung dengan kata kunci "belajar menyetir mobil" apa sekalian saja saya bikin kursus nyetir mobil ya.. atau minimal buka iklan kursus menyetir mobil he..he.. :)

Berikut artikelnya tentang seminggu menyetir mobil dengan beberapa perubahan yang saya sesuaikan dengan gaya bahasa saya.  
_________
-Apakah kamu berniat dan berkeinginan kuat untuk bisa mengemudikan sebuah mobil?? Yup Kamu membaca sebuah artikel yang tepat, karena kali ini saya akan memberikan langkah-langkah jitu untuk mahir mengemudi dalam 7 hari untuk pemula.-

Yap, kata-kata pembuka yang biasanya tertulis di buku-buku panduan otodidak yang dijual di toko buku tersebut mungkin mengawali tulisan kali ini. Biasanya buku-buku jenis ini berjudul “Mahir **bla,,bla,,bla*** dalam 24 jam”,” X langkah jitu menguasai **Bla,,bla** untuk Pemula”, ataupun “Belajar Sendiri **Bla,,bla,,bla** dalam X hari”. Sayangnya dari sederetan buku tersebut belum pernah saya temukan panduan untuk mengemudikan mobil. Hehehehe… Karena itulah saya menuliskannya di blog ini. (Sebenarnya karena ga’ tau mau nulis apa lagi)

Persiapan Awal:
Sebelum kamu mulai belajar mengemudi, ada baiknya jika kamu menyiapkan beberapa hal penting berikut ini, yaitu:

Niat yang kuat
Ingat segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, ada baiknya jika kamu meluruskan niat terlebih dahulu sebelum memulai. Hehe..

Sebuah Mobil
Terserah bagaimana  mendapatkannya yang penting memenuhi syarat-syarat seperti: bukan mobil curian, disarankan menggunakan mobil yang masih menggunakan fasilitas kopling (manual), disarankan juga memilih mobil yang berukuran besar seperti kijang, panther, atau sejenisnya.

Seorang Pengajar
Ingat!! orang tersebut harus lah orang yang sudah bisa mengemudi, jangan memilih orang yang sama-sama sedang belajar. Hehehe…

Hari Pertama
Awali hari pertama dengan membaca Basmallah. Di hari pertama ini yang dilakukan adalah memahami kontrol dasar dari setiap fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap mobil berbeda-beda, tapi paling tidak kamu harus mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya

Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi. Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak minimal harus paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Capaian hari pertama ini adalah kamu harus sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.

Hari Kedua
Saatnya terjun ke lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan disekitar kompleks rumah Anda untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya adalah membiasakan diri Anda bermain dengan kopling. Pastikan Anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus tanpa getaran mesin yang terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil Anda di jalanan kompleks rumah. Biasakan diri Anda dengan melakukan perpindahan tingkat kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi maksudnya). Latih juga mata  Anda untuk melihat ke belakang dengan menggunakan kaca spion. Sangat dianjurkan untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.

Hari Ketiga
Hari ini menunya masih sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini Anda berpindah track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks perumahan Anda. Jangan meremehkan teknik belok, karena walaupun sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan sempurna. Yang perlu diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar informasi, belok kanan lebih sulit daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan Anda akan memotong jalan pengemudi lain.

Hari Keempat
Sekarang saatnya menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah Anda, lalu berlatihlah di sana. Ada dua teknik dalam dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana Anda belajar untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat kecuraman tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur. Ingat!! perhatian juga temperatur mesin mobil Anda, karena pada dasarnya fungsi kopling adalah menjaga agar mesin Anda tidak mati dan memainkan kopling sama dengan memainkan mesin mobil Anda untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri mesin mobil sudah panas adalah asap yang muncul dari kap mesin. Hehehe…
Salah satu trik yang sangat perlu dipelajari adalah bagaimana caranya menahan mobil tetap stabil tidak mundur ketika berada di tanjakan tanpa menggunakan rem kaki maupun rem tangan. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan kombinasi gas dan kopling yang pas. Berlatih berlatih dan berlatih, satu-satunya cara supaya bisa mahir teknik ini.

Hari Kelima
Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama tingkat kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk kondisi tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil di tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita menghadapi tempat parkir yang paralel. Parkir paralel ini merupakan tantangan yang luar biasa sulit bagi pemula. Saya pernah berusaha parkir dan menghabiskan 30 menit untuk bisa memarkir dengan pas. Hehe… Jika sudah, lanjutkan dengan kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan mencoba memarkir di tanjakan. Capaian hari ini adalah Anda sudah menguasai berbagai macam teknik memarkir untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum.

Hari Keenam
Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba keluar dari kompleks rumah Anda. Kali ini coba lah menjadikan jalan besar di kota Anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang telah Anda pelajari di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan lupa pelajari juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya membuka tutup tangki bensin. hehe.. [Pernah kejadian saya tidak tau posisi pembuka tanki mobil karena pinjam mobil Dosen, untungnya bisa dengan sukses menahan malu dan meminta bantuan petugas POM bensin)

Hari Terakhir
Saatnya keliling kota atau belajar negebut! Sejujurnya tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan kendaraan dengan kecepatan diatas 60 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan natural yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi profesional. Apalagi yang masih muda dan baru belajar, pasti pengen merasakan rasanya agak ngebut.. Hehe… Hanya saja  perhatikan kondisi kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan sebelum menggeber mobil Anda dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang tepat untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini. WARNING: peringatan tips ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda sudah benar-benar yakin bisa mengendalikan mobil dan pastikan Anda mematuhi aturan yang berlaku, misalnya kecepatan maksimal tidak lebih dari 100 km/jam. Resiko fatal seperti kejadian anak artis di tahun 2013 bisa terjadi kesiapapun. Waspadalah-waspadalah.

Selamat, Kini Anda sudah bisa mengemudi mobil hanya dengan 7 hari. hehehe…

23 comments:

  1. saya senang membaca tiga tulisan anda mengenai menyetir mobil. tapi amat nyata terdapat perbedaan antara tulisan anda yang pertama/kedua dengan yang terakhir.
    tulisan anda yang pertama dan kedua begitu menjiwai, sehingga saya pun seakan turut merasakan apa yang anda alami. tapi pada tulisan yang ketiga ini, saya hanya memahami sebatas tulisan.
    btw, matur nuwun.
    ahda bina

    BalasHapus
  2. Terima kasih Ahda Bina atas masukannya..

    Anda benar sekali, perbedaan itu terasa karena penulisnya berbeda.

    Pada tulisan ini saya ambil dari beberapa sumber, sehingga sudut pandang tidak murni dari saya.

    Bisa jadi itulah yang Anda rasakan..

    Terima kasih sudah mampir :)
    salam.

    BalasHapus
  3. I'will try ur article/ suggestion/receipt...
    Nurul

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya...
    Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  5. Saya sudah belajar mengemudi mobil sekitar 14 hari tp saya masih ragu2 saat melakukan tancapan gas besar untuk ngebut ataupun nyalip

    saya sudah belajar di jalan raya, jalan sempit, jalan kasar (semi offroad), dll

    Yang saya butuhkan adalah keberanian untuk mengemudi

    saya mengemudi ragu2 karena banyakny pengemudi motor yang melanggar lalu lintas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya.. perlahan tapi pasti selama terus berlatih nanti lama-lama terbiasa.
      Kuncinya hanya 1 yaitu tidak mendadak. Seperti gas mendadak, rem mendadak, belok mendadak harus dihindari. Kendaraan lain akan paham jika tidak mendadak.

      Hapus
  6. Dulu prrnah otodidak belajar sndiri tnpa guru, Mobil matic. Lancar tnpa kendala. Namun suatu hari Waktu belok gang ada lubang shngga tdk ideal utk berjalan maju, harus mngambil mundur dulu. Namun sial, Mobil tdk Mau mundur. Saat berhasil, Mobil tdk bisa direm hngga menabrak pohon. Klo saja gak nabrak pohon, maka otomatis Mobil msuk kali. Mulai saat itu trauma setir Mobil. Untung saat itu tdk ada yg lalu lalang (jalan cipete Selatan-Jakarta Selatan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga traumanya segera pulih.. jadi bisa nyetir lagi.
      Memang ada beberapa orang seperti Anda, jangan khawatir semua butuh proses.

      Hapus
  7. Pengen belajar mobil tapi gak punya mobil sendiri jadi susah kemana mana yang punya mobil pinjemin aku dong di tunggu ya ini pin aku 7447DBC6

    BalasHapus
  8. Sebuah Blog yang sangat bagus,....jangan lupa mampir ya ke blog saya juga
    http://oseda-fefu.blogspot.com

    BalasHapus
  9. saya ingin pelajar yetir tapi tidak punya modal....masih belajar yetir..informasinya

    BalasHapus
  10. makasih info,nya gans......aku niat banget untuk bisa nyetir mobil

    BalasHapus
  11. Di laksanakan
    Makasi gans.......

    BalasHapus
  12. gan mnta masukannya donk,, ane slalu gagal belok mulus setiap mau masuk ke jalan rumah ane yg lebarnya 2,5 mteran, yang pake dinding pembatas konblok sama ada tiang d ujung gangnya itu,, jarak gang dari jalan cuma 2 meter,, tekor mulu gan,, sampe harus mundur maju dulu supaya bisa masuk gang nya,, sembari liat2 tkut ada kendaraan lewat biar gk nabrak,, gimana tuh gan kira2,,, ane meleset trus feeling nya,,

    sebelumnya makasih gan,,

    BalasHapus
  13. udah baca ini jadi termotivasi buat belajar haha mkh gun

    BalasHapus