Cara Membuat HP Android Anda Sebagai Modem

Salah satu kelebihan smart phone seperti Android, Windows mobile dan iPhone adalah kemampuannya untuk sharing atau biasa disebut tethering Jaringan Internet Broadband yang tersedia di HP tersebut sebagai modem.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan HP Andorid kita sebagai thetering device. Ada dua cara yang pada umumnya digunakan, yaitu



1. Menggunakan HP Android sebagai wireless Access Point, secara mudah Jaringan Internet broadband yang kita terima di hp andorid tersebut "disebarkan" melalui jaringan wifi yang kita aktifkan di hp tersebut. Kelebihan meode ini adalah apabila kita membutuhkan jaringan internet di rumah dan yang membutuhkan lebih dari satu laptop maka kita bisa gunakan dengan waktu bersamaan lebih dari 1 laptop ke jaringan internet broadband. Namun perlu diingat, bagaimanakah kualitas jaringan broadband yang Anda pakai. Misalnya di Korea Selatan, jaringan broadbandnya tidak pelu diragukan, semua daerah sudah 3,5G dengan kecepatan jauh melebihi 1 Mbps. Pengalaman saya di Sebuah acara, ada satu iPhone kawan saya dipakai rame2 untuk koneksi internet broadband lebih dari 2 laptop, dan masing2 bisa memperoleh kualitas koneksi yang sangat baik. Lancar untuk video streaming siaran langsung sebuah acara.
Kembali lagi ke Andorid phone. berikut ulasan cara agar Anda bisa menggunakan HP anda sebagai Router.

  •  Pertama yang harus Anda lakukan adalah me-root HP anda sehingga beberapa aplikasi bisa mengangkes fitur2 yang umumnya tidak bisa diakses jika dalam kondisi non-rooted phone. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan superoneroot berikut Super one click root
  •  Setelah Anda berhasil melakukan Root HP Anda, maka berikutnya adalah install Program wireless tether for root  for Android yang sudah sangat dikenal dan memiliki review user yang bagus. Carilah di Market melalui HP anda. Install Aplikasi tersebut dan kemudian.. jalankan sesuai petunjuk yang ada. Dalam beberapa menit, Android smartphone anda akan berfungsi sebagai wireless router.

_____
Note: Sebenarnya ada beberapa aplikasi lain yang dapat digunakan sebagai tethering wifi tanpa harus melakukan root HP Anda, Bisa Anda coba, saya belum pernah mencoba yang tanpa root-ing HP. :)

2. Cara yang menurut saya lebih mudah dan efisien adalah dengan menggunakan Aplikasi yang disebut sebagai PDAnet for Android Aplikasi ini Gratis untuk kita diluar AS. yeay! :) kemudian di saat yang sama Anda perlu install PDAnet for Android di HP Anda melalui google market. Setelah install di Komputer dan HP, pastikan ketika Anda mengkoneksikan HP dengan Komputer, kedua pogram sudah berjalan di komputer dan HP (Koneksi bisa dilakukan dengan menggunakan USB cable dan Bluetooth). Pada umumnya PDAnet for Android akan segera mengenali driver dan install secara otomatis di Komputer Anda. namun, apabila Anda mengalami kesulitan untuk install driver yang diperlukan, atau not found. Saya merekomendasikan Anda untuk menginstall program semacam PC suite sesuai dengan merek HP tersebut. Misalnya saya menggunakan Samsung KIES yang merupakan Program semacam PC suite untuk Android phone dari Samsung. Dengan menginstall program ini maka Komputer akan mengenali model HP anda dan secara otomatis akan menginstall beberapa macam driver driver di komputer anda seperti USB mass storage, CDC serial, USB Modem, dll. Setelah Semua Lengkap (Aplikasi PDAnet terinstall di komputer dan HP, Koneksi broadband internet HP lancar, driver tidak ada masalah) Maka Anda bisa menggunakan menu di HP dengan pilihan USB Tethering dalam beberapa menit akan muncul koneksi pada komputer Anda. dan.. Tara... Anda sudah siap menjelajah internet menggunakan koneksi broadband yang disediakan HP Android Anda.

Selamat mencoba,

Comments

  1. Putranda BoharamiMonday, 19 March, 2012

    Alhamdulillah aku ga punya hp Android :D

    ReplyDelete
  2. sepertinya menarik, patut dicoba ^_^

    ReplyDelete
  3. Bukannya semua android bisa tethering sudah dari pabriknya ya? tinggal aktifkan tethering di hape?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini dibuat tahun 2011, waktu itu hp saya masih belum bisa dipake tethering via wifi. Jadi harus pake kabel.. nah salah satunya ya pake cara yang saya tuis di atas.
      kalo sekarang.. pake tethering hotspot rata-rata sudah ada di semua HP. :)

      Delete
    2. hoalah.. gitu. makasi penjelasannya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone