Ulang tahun di Korea Selatan

Apa sih artinya ulang tahun bagi orang Korea yang saya kenal?
Yup tulisan ini berusaha untuk sedikit cerita pengalaman saya ketika ngobrol tentang ulang tahun orang korea dengan senior dan beberapa orang lain.

Mari kita mulai.
Kita mulai dari beda generasi = beda tanggal merayakan ulang tahun. Maksud saya disini adalah perbedaan usia antara orang yang berumur sekitar lebih dari 40 tahun, umumnya merayakan ulang tahun mereka menggunakan kalender bulan (lunar calendar) seperti misalnya profesor saya di foto yang ada di bawah ini.
Dalam foto di atas sebelah kiri adalah professor saya, yang kanan adalah senior saya yang paling senior dan telah menyelesaikan Ph.D. Saat itu, kami sedang merayakan ulang tahun Prof. secara sederhana di ruang lain lab kami. Tradisi di lab kalo ada yang ulang tahun maka kami beli kue untuk dimakan bersama-sama dan khusus ulang tahun Professor kami mengumpulkan uang untuk memberikan beliau kado berupa voucher belanja, karena dengan begitu prof. bisa menentukan barang apa yang ingin dibeli. *coba ya, kalo ulang tahun saya dapat kado voucher juga.. :p

Kembali ke ulang tahun, sedangkan generasi muda yang mungkin lahir di tahun 80an cenderung merayakan ulang tahun menggunakan kalender matahari (Solar calendar). Menurut saya ini awalnya agak aneh, bagaimana ceritanya kok beda generasi merayakan ulang tahun yang beda, karena tanggal kalender matahari dan kalender bulan cukup berbeda. Msalnya ulang tahun prof saya jatuh pada tanggal 25 Mei kalender bulan, dan tahun 2013 ini sama dengan tanggal 3 Juli kalender matahari atau kalender masehi. Setelah bertanya-tanya pada orang sekitar, ini tidak lepas dari pengaruh kebudayaan barat lebih tepatnya amerika, karena sebelum masa perang mereka masih menggunakan kalender bulan yang sangat mirip dengan penanggalan China dan Jepang, karena Korea tidak lepas dari kedua kebudayaan tersebut. Paling dekat adalah senior saya, dia lahir di awal tahun 80 an, tapi sebenarnya tidak paham dengan detail kapan ulang tahun dia berdasarkan penanggalan masehi. Karena sejak kecil keluarganya merayakan ulang tahunnya berdasarkan kalender bulan. 

Hal yang unik lainnya adalah ketika beberapa orang merayakan ulang tahunnya dua kali dalam setahun, yaitu ketika ulang tahun masehi dan ulang tahun kalender bulan. *kalo begini, traktiran dua kali atau dapat kado dua kali saya belum paham*

Selain tentang penanggalan yang berbeda dari generasi ke generasi, ada umur-umur tertentu yang bagi orang Korea menjadi sangat spesial untuk merayakan ulang tahun. 
Diantaranya adalah,
  • Peringatan 100 Hari setelah kelahiran, terutama pada generasi orang tua 100 hari merupakan salah satu spesial karena pada jaman dahulu ketika masa kelaparan tidak sedikit bayi yang meninggal sebelum usia ini karena kelaparan atau sakit. Usia 100 hari menandakan jika mereka bisa berhasil bertahan maka mereka bisa tumbuh menjadi orang dewasa. Selain itu biasanya orang korea tidak memberikan kado secara langsung pada saat kelahiran, lebih cenderung ke beberapa lama setelah kelahiran, atau ketika bayinya sudah bisa diajak keluar jalan-jalan dan dikenalkan ke tetangga.
  • Ulang tahun ke-1, Ulang tahun pertama ini merupakan salah satu acara yang hampir wajib dan ulang tahun terbesar anak-anak korea. Ulang tahun ini disebut dengan Dol atau Doljanji. Biasanya, pada ulang tahun pertama ini dirayakan secara besar-besaran mengundang keluarga, rekan kerja, teman dan lain-lain. Merayakannya pun tidak tanggung-tanggung, misalnya menyewa gedung, pesan catering makanan, menyiapkan prosesi acara, menyewa fotografer dan bahkan ada even organizer yang mengelola acara ulang tahun pertama. Mereka juga menyediakan tema apa yang diinginkan. 
  • Ulang tahun ke-16, ulang tahun keenambelas kurang lebih sama dengan ulang tahun sweet seventeen yang banyak remaja di belahan dunia lain lakukan, yaitu ketika mereka dianggap sudah cukup untuk memilih jalan hidup, merayakan masa remaja dan hal lain yang umum. Namun di Korea Selatan, seringkali saya dengar jika ulang tahun 16 juga kadang merupakan salah satu tanda dimana beberapa orang tua yang terpengaruh budaya operasi plastik akan memberikan kado bagi putri atau bahkan putranya untuk berkesempatan "memperbaiki penampilan". Tidak semua sih, tapi itu yang saya dengar.
  • Ulang tahun ke-60, ulang tahun ke-60 ini merupakan salah satu periode dimana seseorang dianggap sudah sangat matang, karena telah menyelesaikan siklus 60 tahun dalam zodiak Korea dimana semua karakter zodiak dan elemen sudah dilewati. Ulang tahun ini disebut sebagai Hwangap, mirip dengan peringatan hari kelahiran ke-100 pada jaman dahulu orang yang berusia 60 tahun di Korea Selatan termasuk merupakan orang spesial yang diberi umur panjang. Mungkin karena jarang orang jaman dahulu yang bisa menyelesaikan semua siklus zodiak dan elemen dalam hidupnya. Sedangkan kini, menurut beberapa artikel yang saya baca, hwangap ini diperingati pada usia 70 tahun. Intinya pada peringatan ini, anak-anak mereka menunjukkan baktinya kepada orang tua. Memberikan horma, hadiah dan kebersamaan. 
Beberapa hari spesial di atas tidak semua orang Korea anggap spesial, sama seperti halnya kita. Mungkin bagi beberapa orang, tetap ulang tahun kesekian merupakan paling spesial bagi mereka. Namun yang pasti ulang tahun pertama merupakan paling spesial bagi orang tua yang ada di Korea.



Jinju, catatan absurd karena ingat ulang tahun beberapa minggu lalu. 

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama