Wapel, jajanan di Korea

Kali ini saya mau cerita santai tentang salah satu makanan ringan yang cukup gampang ditemukan di Korea Selatan.
Makanan ini sih sebenarnya merupakan introduksi dari luar..

Dan namanya adalah...
Wapel pake p bukan wafle yang pake F. Kalo ditanya kenapa koq gitu, ya.. Karena pengucapan orang korea bakal bilang wapel bukan wafel. Coba kita lihat bagaimana tulisan hangeulnya. 와플 :dibaca "wa pel".

Wafel ini, eh wapel ini gampang di temukan di sekitar universitas atau tempat jajanan yang ada di jalan. Jadi selain "twikim" alias gorengan, atau "odeng" alias tepung ikan direbus pake sup kemudian dicocol ke dalam saos kemudian dimakan kemudian kenyang..  (*apa sih ini) wapel ini cukup populer di Korea.

Bicara tentang Wapel biasanya ada dua macam minimal, isi krim biasa atau isi eskrim. Krim biasa ini maksudnya ya krim putih kemudian mereka kasih madu atau gula atau selai jadinya rasanya kriyuk kriyuk manis sedikit kecut. Enaaaak..

Selain itu isi eskrim, yup es krim seperti versi es tung tung (es yang keliling itu loh sodara-sodara, masih umum ditemui waktu saya masih kecil sampe kuliah S1, sekarang sih masih kayaknya). Kalo es tung tung eskrim itu rasanya lembut empuk dan rasa es krim khas eskrim murah meriah. Kalo wapel rasanya kriyuk kriyuk dingin manis sesuai pilihan rasa es krim yang kamu pilih. Lama-lama kriyuknya ilang kalo g cepet kamu habiskan. Rasa eskrimnya tentu lebih enak dibandingkan rada es tung tung. 
Kembali ke wapel.

Wapel ini bisa kamu beli seharga 1000 won untuk yang rasa "sengkrim"  dan 1500-2000 won untuk yang pake eskrim. Berapa rupiah itu.. Paling gampang kalikan aja 10. Jadi wapel harga 10 ribu rupiah dan 20 ribu rupiah..
*kalo beli es tung tung dengan uang yang sama di Indonesia kamu bisa traktir teman2 sekelas.. Haha..
Baiklah.. Saya mau menikmati wapel saya dulu..

Mau?
Main ke Jinju ya.. Nanti ku traktir.. ^^
Jinju, depan toko wapel+eskrim dengan wapel hangat di tangan. 

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone