Posts

Showing posts from August, 2013

Beasiswa Master di Kumoh National Institute of Technology, Korea Selatan (Computational Medicine Lab.)

Image
Informasi ini saya peroleh dari personal message dari kawan yang saat ini sedang belajar di Lab tersebut. Beasiswa ini untuk periode belajar di mulai spring semester 2014. Berikut Informasinya. Computational Medicine Laboratory at Kumoh National Institute of Technology (www.kumoh.ac.kr), Korea cordially invites applications for graduate positions. (Master’s degree) Students who want to explore exciting opportunities to conduct original research in a nationally funded Korean university are encouraged to apply. 1. Professor / Host department Ki Moo Lim / Biomedical Engineering 2. Research area - Bio Simulation (Physiome) - Cardiac electrophysiology 3. Student Requirements - Bachelor's degree in Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Medicine, or other related field - Computer programming skills (C/Fortran) are optionally recommended. 4. Student Benefits - Graduate school expenses - Living expense (KRW 450,000 per month) - Participation in domestic and i…

Korea Selatan saat musim panas, lebih panas dari Jakarta? "Panas banget apa panas aja?"

Image
Saat saya bercerita tetang betapa panasnya Korea Selatan saat musim panas, teman saya nggak percaya. Dia masih ngotot dengan semangat 87, bahwa kota yang dia tinggali sekarang adalah salah satu tempat terpanas di Bumi. Dengan sangat terpaksa, saya perlu melampirkan bukti-bukti otentik yang menunjukkan bahwa Korea Selatan cuacanya lebih panas dibandingkan hembusan angin bahorok di Probolinggo (Sejak kapan angin bahorok pindah ke Probolinggo ya...?) *yang benar adalah angin yang terkenal kering dan panas ini berhembus di daerah Sumatra Utara, kalo tidak salah di daerah Deli; sedangkan di Probolonggo itu angin gending, entah ada karakter khusus seperti apa di angin gending, yang dulu sering saya plesetkan angin gendheng (gara-gara angin-angin ini mata pelajaran IPS saya jeblok #eh kenapa bahas angin dan IPS?).
Kembali ke perihal panas-panas. Suhu udara di Korea Selatan saat puncak musim panas berkisar antara 25-37 derajat Celcius. Sepertinya tidak telalu panas khan ya? tapi... ini belum …

Pramugari Galau, blog bikin senyam-senyum dan tertular galau

Image
Akhir bulan Juli lalu, temen saya SMA yang saya kenal seorang blogger aktif baik hati suka berbagi dengan menulis, bahkan putri kecilnya pun sudah punya blog! si neng +Okvina Nur Alvita (@Okvina) tiba-tiba muncul di timeline FB saya yang berbagi tentang postingan dari blog seorang pramugari. Isinya waktu itu tentang cerita pramugari vs polisi kalau tidak salah. Pas lihat itu saya rasa sepertinya menarik, karena yang saya tau biasanya kalo sudah berkaitan dengan jabatan-jabatan gitu bakalan ada cerita yang kadang bikin ngelus dada, ngelus jidat karena mikir agak berat, bahkan kadang jadi ngelus dompet karena saya membayangkan terlalu jauh bahwa bututnya bakalan panjang dan akan menguras isi dompet yang sedang besitegang. Gimana nggak nguras dompet, khan harus bayar pengacara untuk beresin masalah itu. Semoga blogger pramugalau kita ini terhindar dari yang demikian.. Aaamiiinn...

Oke kembali ke topik, pramugari ini menyebut dirinya sebagai pramugalau. Menurut saya sih kadang postingann…

Post-doctoral Position about UAV in Gyeongsang National University

Image
I got this information from my friend that the email attached in this post. He is working in that lab. currently. 

UAV Research Group, Department of Informatics,
Gyeongsang National University

We are seeking for a Post-Doc research fellow for our new research project "SW platform for Unmanned Aerial Vehicle" funded by NRF (National Research Foundation of Korea) as soon as possible. The post-doc fellow will be working on airborne ad hoc networks on low power platform.

The ideal candidate should have:
1) PhD in computer science or computer engineering
2) Publications in the field of Computer Networks, in particular Mobile Ad hoc Networks and Sensor Networks.
3) Strong Programming Skills and Experience (Expert) with Network Simulation

Monthly : 2500$
Depending on conducted research works, some additional benefits (incentives ) will be given.
The successful candidate will be working with young and international researchers.

Forward your CV , Cover letter, list of publications and contact i…

coretan tujuhbelasan

Image
Mistis dan senyapnya punggung Argopuro,
semilir angin dan pekatnya malam alas purwo,
Biru hijaunya hamparan savana Baluran,
coklat pucat dan liuk lekuk hamparan pasir bromo..
Membuat alunan nyanyian darah yang mengalir dalam kapiler ini..
Semakin merindumu..
Aroma tetes hujan menelusup antara hirup oksigen menyesak paru,
Silau mata memandang pucuk tiang merah putih yang menari indah..
Bersama itu pula denting lonceng rindu bergema.. Gema lama.. Tentang indahnya negeri yang jutaan langkah terpisah..
Merdeka absurd, rindu bersungut, dan bangga berkabut.. Melebur malam ini diantara separuh bulan syawal..
Antara teriakan lengkingan merdeka
Enam puluh delapan tahun yang lalu.

Jinju, malam berbulan separuh saat angka enam delapan bergema di Tanah air..

Korea Terancam Krisis Listrik Terburuk Sepanjang Sejarah

Image
Siang ini, tiba-tiba Professor ngasih kami pengumuman tentang surat edaran yang diperoleh dari Universitas. Isinya memberikan Instruksi bahwa hari Rabu 14 Agustus 2013 seluruh area kampus di anjurkan untuk mematikan penerangan di dalam ruangan dan mematikan air conditioner (AC). Sebenarnya saya kurang paham apakah ini anjuran ataukah suatu kewajiban. Menurut informasi Professor saya, ada kemungkinan akan ada reaktor tenaga nuklir yang harus dimatikan lagi pada hari tersebut karena kegagalan fungsi, sehingga ketersediaan listrik tidak seperti biasanya.

Karena penasaran, saya pun coba mencari-cari berita tentang sepertinya akan jadi krisis energi listrik di Korea Selatan. Setelah dengan mudah saya ketikkan kata kunci: "South Korea facing blackout" ternyata ada banyak berita terbaru tentang hal ini yang dimuat. Berikut beberapa gambar screenshotnya, untuk lebih jelasnya silahkan mengetikkan kata kunci di mesin pencari google (klik gambar untuk memperbesar).



Dari beberapa kanto…

Patbingsu enak! ada di Cafe Ti-Amo Jinju (Edisi malam Takbir di rantau)

Image
Di akhir Ramadhan lalu, ketika umat muslim di Indonesia sibuk mempersiapkan pernak-pernik hari raya di tempat masing-masing atau sedang sibuk bertakbiran di masjid dan keliling kota malah ada yang masih sibuk belanja di mall,  kami berlima Mahasiswa Indonesia di GNU sibuk menghabiskan waktu berbuka puasa di hari terahir ramadhan dengan makan bersama. Kami janjian untuk menikmati malam hari raya yang jauh dari keluarga dengan makan diluar dan takbiran bersama (meskipun pelan seperti bisik-bisik). Menu makannya bukan menu khas lebaran tentunya dan bukan juga hasil masak bersama. Masing-masing malam itu meninggalkan Laboratoriumnya selepas sholat magrib, makan malam kami habiskan di rumah makan cina bernama Shanghai. Lokasinya di depan kampus GNU. Namun, kali ini saya tidak mau cerita tentang Rumah Makan Shanghai. Saya mau cerita tentang cafe di depan kampus bernama Ti-Amo yang ternyata menyediakan salah satu Patbingsu yang sementara ini paling enak yang pernah saya makan. Jadi topiknya…

Suasana Idul Fitri di Jinju, Korea Selatan

Image
Kemarin, 8 Agustus 2013 bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1434H adalah lebaran ketiga saya di Korea Selatan. Beberapa teman dan keluarga ada yang menanyakan: "bagaimana suasana lebaran di negeri orang?"; "kangen Indonesia dan keluargakah?"; "apakah ada opor ayam?"; "apakah ada ketupat?", "menikmati liburankah?" dan masih ada berbagai macam pertanyaan lain. Dalam tulisan ini saya coba menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul sekaligus bercerita bagaimana suasana lebaran disini.

Sebenarnya, lebaran di Korea Selatan, bukan lebaran pertama saya tidak berada di Indonesia sehingga sudah cukup terlatih untuk lebaran "away from home" jauh dari rumah. Persiapan lebaran tahun ini kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya, perencanaan acara dilakukan oleh beberapa perwakilan mahasiswa muslim di kampus GNU yang berdiskusi bersama. Sebenarnya pengumuman sudah dilakukan selepas sholat Jumat 2 Agustus 2013, kemudian diskusi dila…

Ied Mubarak

Image
Assalamu'alaikum wr.wb. Taqabballalahu minna wa minkum siyaamanaa wa siyaamakum. Semoga Allah menerima sgala amal ibadah kita.
Mohon maaf lahir batin atas semua kesalahan. Semoga kita menjadi lebih baik lagi ke depan dan berjumpa kembali dengan Ramadhan berikutnya.
Insya Alloh cerita tentang Sholat Ied tahun ini di GNU akan saya posting dalam waktu dekat. 
Salam hangat dari Jinju, 1 Syawal 1434 H.

Patbingsu (팥빙수), Es Serut Populer Saat Musim Panas di Korea Selatan

Image
Musim panas di Korea Selatan bisa dibilang terkadang panasnya jauh lebih terasa panas dibandingkan Jakarta atau Surabaya. Mungkin karena berada di belahan bumi utara dan memiliki siang yang lebih panjang, jadinya terasa lebih panas. Selain itu kelembapan relatif yang tinggi juga menambah rasa panas yang dirasakan oleh orang yang baru keluar melewati musim semi yang sejuk. 
Sama halnya seperti di Indonesia, dalam musim dimana lebih terasa panas dibanding musim yang lain, pilihan untuk tetap berada di dalam rumah, menggunakan pakaian mini longgar dan menikmati makanan yang bisa menyejukkan ternggorokan adalah hal favorit yang dilakukan. 
Di Korea Selatan, salah satu makanan yang dipilih dan sangat populer selain es krim adalah Patbingsu (팥빙수) atau bisa diartikan dengan es serut kacang merah, 빙수 "Bing-su" yang berarti es serut dan 팥 berarti kacang merah. Sebenarnya tidak hanya patbingsung, tapi banyak sekali macam bingsu-bingsu yang lain. Seperti misalnya Bingsu kue beras, bin…