LG Optimus LTE2 (LG-F160) Smartphone Pertama dengan 2GB RAM

Karena saya punya hutang dua tulisan pada Bulan Agustus ini, saya akan membuka draft tulisan saya beberapa bulan lalu untuk di posting di bulan ini. Mungkin sedikit out of date, namun semoga bisa sedikit memberikan sesuatu yang baru untuk Anda yang nyasar ke Blog saya.

Kali ini saya mau mereview tentang LG Optimus LTE2. Salah satu smartphone LG yang memiliki beberapa keunggulan dan fitur superior dibanding kompetitornya ketika smartphone ini diluncurkan.

LG optimus LTE2 diluncurkan lebih dari setahun yang lalu, yaitu pada Bulan Mei 2012. Pada saat peluncurannya, HP ini cukup menghebohkan karena diluncurkan sebelum Peluncuran Samsung Galaxy S3. Mungkin sekitar 3 minggu sebelum galaxy S3 diluncurkan. Pada saat peluncurannya, Optimus LTE2 bisa dikatakan merupakan HP pertama yang menggunakan RAM 2 Giga, sementara pada saat itu sebagian besar HP yang beredar hanya memiliki RAM 1 giga saja. Tentu ini merupakan keunggulan yang diidamkan oleh mereka yang hobi menggunakan multi tasking di HP nya. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu seperti misalnya main game dan membuka  aplikasi lain di background. Memang inilah spesifikasi yang menjadikan ajang promosi LG yang cukup efektif, seperti yang tampak pada foto di atas, dua orang model memegang LTE2 dan banner bertuliskan 2GB RAM.

LG Optimus LTE2 hanya diluncurkan di Korea Selatan, khusus untuk market Korea Selatan. Hal seperti ini sudah umum terjadi di Korea, dimana banyak tipe-tipe HP yang hanya dipasarkan untuk local market Korea Saja. Sedangkan di luar negeri, produsen HP Korea meluncurkan produk dengan nama dan spesifikasi yang mungkin berbeda. Salah satu HP yang memiliki spesifikasi sama dengan LG Optimus LTE2 adalah LG Spectrum 2 yang diluncurkan di Amerika Serikat.

Desain dan tampilan fisik.
Dari sisi desain, HP ini di buat dengan desain yang termasuk sangat tipis berlayar lega. Dengan layar 4.7 Inchi true IPS Display panel, menjanjikan layar yang jernih, terang dan keakuratan warna yang lebih baik dibandingkan galaxy S3 dengan AMOLED displaynya. Ketebalan HP ini hanya 8.9 mm, dengan bezel layar yang juga tipis, membuat genggaman di tangan terasa cukup nyaman. Apalagi di bagian belakang, LG menggunakan material serasa karet yang tidak licin.

Secara umum desain yang di usung cukup segar, kotak panjang sedikit berbeda dengan HP lain uang cenderung membulat. Tersedia dua warna untuk dijadikan pilihan, yaitu hitam dan putih. Hitam yang ganteng dan putih yang cantik.

Fitur Unggulan
Fitur unggulan paling menonjol adalah kapasitas ram yang 2 GB. Dengan RAM sebanyak ini Anda bisa membuka banyak aplikasi secara bersamaan dengan sisa ram yang masih cukup melimpah.

Selain RAM 2GB, tampilan baru dari Optimus UI 3.0 juga cukup menyegarkan dan memberikan suasana baru bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan tampila Optimus UI pada HP LG sebelumnya.


Selain melimpahnya RAM dan tampilan yang berbeda, salah satu fitur yang tidak boleh dilupakan adalah kamera. Kamera LG Optimus LTE2 memiliki beberapa fitur yang sangat menarik, diantaranya adalah pengambilan foto dengan brust speed yaitu beberapa foto dalam satu kali pengambilan, kemudian pengambilan foto tanpa jeda dari foto pertama ke foto berikutnya (zero shutter lag) dan tidak lupa adalah pengaktifan mode suara (kita hanya perlu bilang "smile", "kimchi" atau lainnya untuk mengambil foto - sangat berguna ketika kita tidak mungkin memencet tombol di layar).

sebenarnya banyak fitur-fitur lain kelebihan HP ini, semperti misalnya mendukung untuk wireless charger dengan membeli battery cover yang terpisah (original lg), dan wireless chargernya yang qi-compatible devices.


Untuk lebih memudahkan, mari saya rangkum kelebihan dan kekurangan HP ini.

Kelebihan

  • Memiliki layar yang lebar (4.7 inchi true IPS Display)
  • Layar yang tajam (pixel density 312 ppi) dan terang
  • Kamera reolusi tinggi 8 Megapixel dengan zero shutter lag
  • Dual core processor 1.5 GHz Krait
  • RAM 2GB, lebih dari cukup utnuk aktifitas harian
  • Baterai kapasitas tinggi 2,150 mAh
  • Smartphone pertama mendukung konektifitas LTE
  • NFC

Kekurangan
  • Setelah pemakaian sendiri selama beberapa bulan, tidak terasa kekurangan berarti yang saya rasakan, hanya ketika banyak file yang Anda simpan di memori HP maupun micro SD terasa ketika pembacaan sedikit lebih lama. 
  • Selain itu, untuk kamera galaxy S3 sedikit lebih unggul dibandingkan kamera LTE2. Kamera LTE2 terlihat lebih banyak noise dibandingkan kamera S3 


Berikut spesifikasi lebih detail bersumber dari GSM Arena
Harga
Saat tulisan ini dibuat, harga dengan kontrak selama dua tahun adalah sebesar 289,400 won. Untuk baru tanpa kontrak sudah sangat sulit untuk dicari, kalaupun ada berada di kisaran 300,000 won. Sedangkan harga second hand saat ini berada di kisaran 160,000 - 250,000 won tergantung kelengkapan dan kondisi barang (mulai dari hanya unit HP - lengkap).


Penggunaan di Indonesia
Meskipun di GSM arena tertulis HP ini hanya support CDMA network, namun sebenarnya HP ini support semua jaringan GSM (4 Band) sehingga tidak ada masalah sama sekali ketika saya bawa pulang untuk dipakai di Indonesia. Bahkan tanpa pengaturan internet (APN dan pengaturan lainnya) ketika memasukkan sim card pengaturan internet operator langsung terbaca oleh HP ini. Namun pastikan Anda terdaftar layanan internet untuk biaya yang lebih hemat.
Kendala umum HP korea adalah sms yang hanya 80 karakter, ini bisa dengan mudah disiasati dengan menggunakan aplikasi sms lain, seperti hancet sms atau go sms. 

Kesimpulan: Jika Anda mencari HP dengan spesifikasi tinggi namun tidak merogok kocek terlalu dalam, Anda bisa memilih HP ini.


Image sources:
www.gsmarena.com
www.cetizen.com
news.softpedia.com/news/LG-Launches-Optimus-LTE-2-in-South-Korea-267686.shtml

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone