Korea Selatan saat musim panas, lebih panas dari Jakarta? "Panas banget apa panas aja?"

Saat saya bercerita tetang betapa panasnya Korea Selatan saat musim panas, teman saya nggak percaya. Dia masih ngotot dengan semangat 87, bahwa kota yang dia tinggali sekarang adalah salah satu tempat terpanas di Bumi. Dengan sangat terpaksa, saya perlu melampirkan bukti-bukti otentik yang menunjukkan bahwa Korea Selatan cuacanya lebih panas dibandingkan hembusan angin bahorok di Probolinggo (Sejak kapan angin bahorok pindah ke Probolinggo ya...?) *yang benar adalah angin yang terkenal kering dan panas ini berhembus di daerah Sumatra Utara, kalo tidak salah di daerah Deli; sedangkan di Probolonggo itu angin gending, entah ada karakter khusus seperti apa di angin gending, yang dulu sering saya plesetkan angin gendheng (gara-gara angin-angin ini mata pelajaran IPS saya jeblok #eh kenapa bahas angin dan IPS?).
Musim Panas di Pantai di Korea, semua pada berendam.. (Foto: visitkorea.org)
Kembali ke perihal panas-panas. Suhu udara di Korea Selatan saat puncak musim panas berkisar antara 25-37 derajat Celcius. Sepertinya tidak telalu panas khan ya? tapi... ini belum bisa dibilang valid atau sesuai dengan yang kita rasakan karena sebenarnya suhu yang kita rasakan di suatu tempat itu adalah kombinasi antara suhu udara, kelembapan, intensitas cahaya matahari dan tekanan udara. Jadi belum tentu kalo di prakiraan cuaca tercantum suhu 30 derajat celcius akan terasa tidak terlalu panas, karena bisa jadi kelembapan yang tinggi akan membuat kita terasa seperti berada di sauna bersuhu 39 derajat celcius. Bahkan pada beberapa website yang terkenal untuk prakiraan cuaca seperti accuweather.com dan weather.com mereka mencantumkan suhu atau cuaca yang menurut perhitungan mereka akan menjadi suhu yang "sebenarnya" dirasakan. Uhm.. bahasa mereka ada yang ditulis Real Feel atau Feels like. Bahasa mudahnya itu.. yang di prakiraan cuaca itu nggak selama seperti yang kamu rasakan sis dan  bro.!

Salah satu website yang bisa jadi rujukan untuk cuaca di Korea Selatan adalah milik Badan Meteorologi Korea Selatan ada di alamat ini: http://web.kma.go.kr/eng/index.jsp, nah di web tersebut kita bisa melihat cuaca saat ini dan prakiraannya beberapa hari kedepan. Bahkan menurut saya, bisa dikatakan dari situ ini adalah prakiraan cuaca paling akurat untuk Korea Selatan dibandingkan dengan situs-situs lainnya.
Sebagian tampilan dari web KMA (Korea Meteorological Administration)
Tenang.. untuk yang nggak bisa Bahasa Korea (saya salah satunya) web ini "aman" untuk kita karena menampilkan informasinya dalam bahasa Inggris. Bahkan ada juga menu dan peringatan apabila ada atau akan terjadi taifun (Thyphoon) yang biasanya melanda Korea Selatan di akhir musim panas hingga menjelang musim gugur.
Contoh tampilan untuk menu informasi taifun, gempa bumi dan badai debu. (Screenshot: website KMA)
Jadi sebaiknya buat kamu yang mau melakukan perjalanan di musim panas atau awal musim gugur siap-siap dengan rajin untuk melihat website ini sebelum keberangkatan, karena sayang sekali jika liburan yang sudah direncanakan dan diimpikan sejak jaman masih ingusan akan diiringi angin kencang dan hujan deras yang bakalan ganggu sesi foto-foto narsis kamu.

Nah, waktu itu teman saya yang semangat 87 itu mengambil informasi dari wikipedia, berikut adalah kutipan foto dari wikipedia.
Data suhu udara rata-rata di Kota tempat saya tinggal, Jinju. (Sumber: wikipedia dari KMA)
Dari gambar diatas, sejarah rata-rata suhu hanya berkisar 25 derajat celcius yang tampaknya jauh lebih sejuk dibandingkan Jakarta. Di wikipedia tersebut mereka mengambil data antara tahun 1981-2010. Begitu dikasih tautan tadi, dengan semangat 45 (lebih tinggi semangatnya daripada semangat 87) akhirnya saya dengan bangga berkata: "Eh, itu rata-rata selama 20 tahun! yang bahkan termasuk masa dimana kita belum lahir! Industri Korea nggak sekenceng sekarang cuy! nih kalo mau lebih akurat cuaca akhir-akhir ini."
Akhirnya saya lampirkan screenshot dari HP saya yang ada aplikasi prakiraan cuacanya.

Suhu udara saat itu, liat "Real Feel" di sebelah kanan bawah gambar Matahari
Dan tidak lupa saya bandingkan dengan kota dimana dia singgah waktu itu, yaitu Surabaya.
Prakiraan suhu yang di waktu yang sama di Surabaya, perhatikan "Real Feel"-nya juga
Setelah saya kasih instruksi untuk meihat "real feel", dia pun akhirnya menyerah tanpa syarat kepada sekutu saya dan mendeklarasikan bahwa Korea Selatan memang lebih panas dibandingkan Jakarta/Surabaya. Sayangnya posisi dia tidak di Korea, kalo ada di Korea pasti sudah saya todong untuk traktir Patbingsu, untuk meredakan kepanasan yang saya rasakan waktu itu.

Sebentar, sebelum saya akhiri tulisan ini tak lupa saya ingin perlihatkan sisi lain dari Musim panas di Korea Selatan. Apa itu... 
Ini dia salah satu yang mewakili
Hot Summer di Korea itu sama dengan yang serba mini-mini (Gambar dari: lovingkpopworld.files.wordpress.com)
Salah satu contoh tipe pakaian yang populer saat musim panas (Foto: en.korea.com)
Kalo kamu penggemar K-Pop pasti tidak akan lupa tarian-tarian mereka yang penuh semangat, wajah yang imut-imut gaya mereka yang unyu-unyu, dan seksinya pakaian mereka yang serba mini-mini memperlihatkan ke-jenjang dan ke-seksi-an kaki mereka. Nah.. itulah yang akan kita temui setiap hari di saat musim panas di Korea Selatan. Jadinya jika pikiran kita tidak sedang dalam keadaan "lurus" maka bisa jadi pikiran-pikiran yang menjurus-jurus ke arah yang "iya-iya" akan muncul. Beneran swear nggak bohong!, mungkin versi saya, 9 dari 10 cewek Korea akan pakai pakaian mini saat musim panas. Hal ini menjadi satu ujian paling berat ketika bulan puasa di Korea Selatan. Bahkan ada cerita singkat-agak-lucu berikut ini:

di suatu ketika jamaah pengajian di masjid: pak ustadz berkata "Mari kita tundukkan pandangan kita ya saudaraku, untuk menghindari dosa dan menurangi pahala saat ramadhan penuh berkah". Tiba-tiba dari belakang ada yang nyeletuk: "Wah ustadz, kalo disini nundukkan pandangan, malah kelihatan jelas paha-paha mulus cewek korea ustadz.. #tiba-tiba hening"

Semoga dari tulisan ini bisa ngasih sedikit gambaran gimana panas dan "panasnya" Korea di musim Panas. 

Jinju, ketika musim panas menjadi sejuk setelah hujan seharian.

Comments

  1. byuuuh,,,ngalah2 i jember n suroboyo ya mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iyo..
      katanya temenku yang pulang dari Jakarta, dia aja bilang Korea Panasnya mantaaappp hahaha

      Delete
  2. Replies
    1. haha... meninggalkan jejak thok..
      kayak mas itu ya? meninggalkan jejak di hatimu?
      #eh #nomention

      Delete
  3. tp disana tdk ad pejabat yang mnyiram segelas air ke wajah sesama rekanny kan?!. Di sana jg tdk ad anarkisme mahasiswa kan?!. kl bgitu ttp lah Indonesia selangkah lbh panas.. xixi

    o y, smangat 87 itu hany blh di ucap oleh seorang ibu !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas apa dulu ini.. ya.. kalo kaitan sama "panas" itu, saya kurang tau perkembangannya di Korea. :)

      Semangat 87 diucapkan oleh orang kelahiran 87 dong! hehe

      Delete
  4. Adminnya laki laki ternyata dikira perempuan hehehe, di korea musim panasnya bikin item gaak?:( wkwk alhamdulillah tahun depan saya dapet beasiswa ke korea, jadi blog nya bermanfaat banget hihi:p boleh dong kak, konsul konsul seputar islam di korea hehe saya berhijab soalnya :3

    ReplyDelete
  5. bermanfaat nih jadi nambah dikit pengetahuan deh.. hehe
    mas kalo ada waktu sempetin ke blog aku ya tutorial68.blogspot

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama