Patbingsu (팥빙수), Es Serut Populer Saat Musim Panas di Korea Selatan


Patbingsu-Nokcha bingsu dari wikipedia


Musim panas di Korea Selatan bisa dibilang terkadang panasnya jauh lebih terasa panas dibandingkan Jakarta atau Surabaya. Mungkin karena berada di belahan bumi utara dan memiliki siang yang lebih panjang, jadinya terasa lebih panas. Selain itu kelembapan relatif yang tinggi juga menambah rasa panas yang dirasakan oleh orang yang baru keluar melewati musim semi yang sejuk. 

Sama halnya seperti di Indonesia, dalam musim dimana lebih terasa panas dibanding musim yang lain, pilihan untuk tetap berada di dalam rumah, menggunakan pakaian mini longgar dan menikmati makanan yang bisa menyejukkan ternggorokan adalah hal favorit yang dilakukan. 

Di Korea Selatan, salah satu makanan yang dipilih dan sangat populer selain es krim adalah Patbingsu (팥빙수) atau bisa diartikan dengan es serut kacang merah, 빙수 "Bing-su" yang berarti es serut dan 팥 berarti kacang merah. Sebenarnya tidak hanya patbingsung, tapi banyak sekali macam bingsu-bingsu yang lain. Seperti misalnya Bingsu kue beras, bingsu teh bingsu es krim, bingsu melon, bingsu aneka buah dan lain-lain. Sengaja tidak saya tulis dalam bahasa korea karena lagi ribet nyariin nama koreanya. 

Pada musim panas, dengan sangat mudah kita bisa menemukan "keluarga besar" bingsu. Bisa kita temukan di cafe, di toko roti, di toko es krim, bahkan bisa kita temukan di restoran waralaba semacam KFC, McD atau Lotteria. Sepertinya mereka tidak mau ketinggalan untuk ikut menyemarakkan dan menyejukkan suasana musim panas. 

Ingredient alias bahan untuk membuat patbingsu:
  • Tentunya yang harus ada dari Patbingsu adalah Bingsu nya! alias es serutnya. Tanpa ini maka bukan bingsu namanya. 
  • Pat, atau kacang merah yang sudah di proses untuk menjadi bahan es ini. Biasanya kacang merah ini sudah tersedia dalam bentuk kaleng di toko-toko atau supermarket. Sudah di proses diberi tambahan gula atau proses tertentu yang membuat teksturnya jadi lebih lembut, manis dan khas kacang merah. 
  • Bahan-bahan lain pendukung Bingsu, misalnya buah, kacang-kacangan, marshmellow, es krim, atau kreasi-kreasi lain yang bisa di taruh di atas bingsu dan dicampur menjadi satu menyusun rasa yang khas. 

Patbingsu beli di Paris Baguette (waralaba bakery di Korea Selatan)
Bagaimana rasanya? 
Patbingsu itu.. yang jelas dingin! ketika makan patbingsu saya jadi ingat masa kecil saya yang hobi banget beli es bogel. Tau nggak es bogel? sekarang masih ada nggak kira-kira di Indonesia? Es bogel itu seperti bubur kacang hijau yang di taruh dibawah serutan es kemudian diberi santan atau sirup. Jadi kita menikmati kacang hijau yang manis bercampur dengan es. Dingin segar dan nikmat. Memang paling pas disajikan saat suasana sedang panas-panasnya. Eh kenapa jadi cerita rasa es bogel. 
es Kacang hijau Pak Bogel di Alun2 Jember
Kembali ke Patbingsu: Rasanya juga dipengaruhi oleh jenis apa yang kamu pesan, misalnya patbingsu original yang terdiri atas kacang merah, beberapa ttok atau kue beras, atau marshmellow, kadang diberi buah, eskrim, jelly, sereal, kacang, dll. Rasa khas kacang merah dengan campuran gula adalah salah satu rasa yang saya suka, karena rasanya asli kacang merah olahan yang manis.. dingin sejuk dan uhm.. rasanya temperatur tubuh itu menurun ketika makan. Selain itu juga ada patbingsu yang diberi es krim di atasnya, tentu rasanya akan terpengaruh rasa eskrim yang ditaruh di atasnya. Pesan saya sekali-kali cobalah yang patbingsu original atau tradisional, rasanya tentu berbeda dan mungkin punya kesan tersendiri. 
Saya ingat di sebuah restoran bebek panggang tahun lalu, kami makan satu set menu yang pada bagian akhir setelah semua jenis daging bebek dihidangkan, adalah giliran patbingsu dalam semangkok kecil, rasanya membuat saya pengen lagi! adhem seger enak manis gurih dan yang saya suka adalah es serutnya tidak terlalu banyak jadi terasa lebih pekat dan "siksaan" rasa dingin tidak terlalu lama.

Harganya?
Sama seperti halnya es serut di Indonesia, harga patbingsu juga bervariasi dari penjual yang satu dengan penjual yang lain. Sepertinya bisa di beli mulai dari harga 5500 won - 15 ribu won. Bahkan mungkin bisa lebih mahal lagi apabila menggunakan buah atau topping yang berharga mahal. Misalnya Melon Bingsu menjadi mahal karena satu "mangkok" mangkoknya menggunakan melon utuh dan bulatan melon di sekeliling eskrim yang nikmat, rasanya tentu spesial dan enak tapi mahal jadi saya nggak pernah nyoba -_-;
Contoh melon-bingsu dari hancinema.net
Jadi, kalo anda ke korea pada saat musim panas, maka Patbingsu adalah salah satu menu yang wajib untuk dicoba. 

Untuk bikin lebih ngiler, mari kita cari gambar-gambar patbingsu yang mengundang selera:

http://cdn.seoultaste.com/blog_posts/4df408cc3585926e3f000001/greentea-bingsu.jpg
http://www.seriouseats.com/recipes/images/20090827-patbingsu-05.jpg

http://www.bobturf.org/jeannie/images/Kantan_Patbingsu.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-zBPHWFf7g3Y/T0byfOotxKI/AAAAAAAAAlY/PTAy-ESoVTM/s400/DSC_0001.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/68/Korean_shaved_ice-Patbingsu-17.jpg

Jinju, penghujung ramadhan 1434

Comments

  1. salam mas priatama, wah seru deh baca blognya, itu patbingsu enak bangett, macem es campur/es teler gitu ya mas kalo di indo? hehe eh iya mas mau tanya, biaya hidup di jinju sama di seoul berbeda jauh ga ya mas? thnks sblmnya buat infonya mas. salam, dwi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam,

      lebih pasnya itu semacam es serut yang dikasih sirup terus diatasnya dikasih berbagai macam toping.

      Untuk biaya hidup sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh antara Jinju atau Seoul. di Seoul lebih bervariasi ada yang mahal ada yang menengah dan ada yang murah. Yang jelas tergantung lokasinya juga dimana.

      Malah, kadang tempat tinggal di Jinju lebih mahal dibandingkan di kota lain misalnya Daegu (yang saya tau). Kalo tentang makanan dan transport relatif sama sih.

      salam.

      Delete
  2. Saya penjual es bogel di alun2 jember mz..saya generasi kedua..hehehe...salam kenal dan makasih masih inget es bogel milik bapak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, salam kenal..
      wah, terima kasih banyak sudah mampir dan meninggalkan jejak di blog saya. Insya Alloh pas mudik ke Jember saya mampir ke Alun-alun sekalian mau ngobati kangen kuliner jember.. ^^

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone