Belajar Ngedit Video (Lagi)

Screenshot Workspace saat editing

Setelah lebih dari sekitar 6 Tahun tidak menyentuh dunia editing video, akhir-akhir ini akhirnya saya belajar lagi cara edit video atau bikin video dari rangkaian-rangkain foto dan potongan video yang ada. Memasukkan beberapa tulisan dan kata-kata untuk menyampaikan pesan dan hal-hal sangat remeh tapi penting lainnya. Saya jadikan aktivitas ini sebagai salah satu pelarian kebosanan akan rutinitas lab yang biasanya berjalan, meskipun harus diakui produktifitas nge-lab akhir-akhir ini tidak memuaskan. Aktifitas yang itu-itu saja meskipun nggak selesai-selesai bikin bosan juga.

Sekitar 6 tahun yang lalu, saya belajar edit video konversi dari kaset handycam kemudian di CD-kan, belajar merangkai ratusan foto kedalam satu video profil organisasi yang dilombakan di tingkat nasional. Sebenarnya sih dari tampilan relatif biasa saja, tapi yang membuatnya spesial adalah "isi" dari video itu cukup berbobot bisa menampilkan kegiatan-kegiatan dan pencapaian-pencapaian kami yang sudah berjalan selama beberapa tahun. Sebuah jerih payah pendahulu-pendahulu sebelum saya masuk, hingga menjadi besar seperti saat itu. 6 tahun yang lalu, saya masih mengandalkan software gratis dari windows, yaitu windows movie maker. Ratusan jam saya habiskan hanya untuk merangkai foto-foto itu supaya tersinkronkan dengan baik dengan teks dan musiknya. Beberapa malam tidak tidur, komputer ngadat ketika rendering, file foto hilang dan kisah duka lainnya mengiringi proses untuk membuat sebuah video. Hingga ketika berhasil menjadi sebuah master file rasanya bahagia sekali. hehe..

Sayangnya file tersebut ada di HD ekternal lama saya dan belum pernah saya publish di youtube. Tahun 2006-2007 sepertinya belum boom tentang video online, adanya chatting, friendster dll. Selain windows movie maker, pernah saya coba belajar menggunakan Sony Vegas (Kalo tidak salah) untuk konversi dan rendering dari kaset ke CD. Tapi.. karena jaman dulu pentium IV yang dijadikan andalan hanya kuat untuk windows movie maker, akhirnya saya lebih banyak menghabiskan waktu edit menggunakan WMM tsb.

Kini disini saya berkesempatan kembali mengingat-ngingat apa yang dulu saya pelajari. Bedanya kali ini sarana editing sudah jauh lebih canggih dibandingkan 6 tahun lalu. Saya sudah bisa edit menggunakan komputer yang saya beli dari uang saya sendiri, bukan lagi sekotak CPU besar tapi berupa benda tipis dari aluminium yang berkali-kali lebih mumpuni dibandingkan pentium IV milik organisasi saya yang dulu. :)

Salah satu project pertama, berasal dari teman-teman @Perpika kementrian dalam negeri yang akan mengadakan event olahraga besar mahasiswa Indonesia di Korea Selatan. Setelah "hanya" melalui proses mengumpulkan sumber bahan, import dan editing sekitar 4 jam, akhirnya jadi juga video ini.




Beberapa detail pengumumannya sebagai berikut:
____________________________________________
OPEN RECRUITMENT
PERPIKALIMPIC adalah even multi-olahraga, seni dan/atau permainan mahasiswa Indonesia di Korea Selatan yang akan diselenggarakan pada musim semi (spring).

Untuk teman-teman PERPIKA yang berminat untuk bergabung dengan kepanitiaan PERPIKALIMPIC 2014 silahkan mengisi form yang ada di member.perpika.kr.
Atau mengisi form di link berikut http://goo.gl/5Qej2l

Posisi yang dibuka adalah:
1. Kebendaharaan
2. Kesekretariatan
3. Divisi Acara
4. Divisi Dana Usaha
5. Divisi Operasi & Logistik
6. Divisi Hubungan Masyarakat

Batas akhir pendaftaran panitia: 21 Oktober 2013.
_______________________________________________

Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman Pengurus Perpika 1314 atas Ide dan masukannya; terutama pada teman-teman kemendagri untuk ide dan outline utama, teman-teman tim media untuk brainstroming dan pengumpulan bahan, serta pihak-pihak lain. 

Mungkin bagi yang nonton ini hanya video 60 detik yang tidak terlalu sulit atau biasa saja, tapi bagi saya atau bagi kami, meluangkan waktu untuk hal-hal seperti ini kadang butuh beberapa pengorbanan tersendiri di sela-sela kesibukan. 

Nantikan video lain yang Insya Alloh akan segera dikerjakan pada awal November nanti. Kali ini saya akan shoot langsung dan interview langsung. 

*Jinju, saat garing mikirin eksperimen nggak sukses

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama