Beasiswa Pendidikan untuk SD, SMP dan SMA oleh PERPIKA



Hai semua, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai Beasiswa yang dipersembahkan oleh teman-teman PERPIKA. Beasiswa ini ditujukan untuk membantu siswa-siswi SD-SMP dan SMA yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan. Program ini kami sebut dengan Beasiswa Perpika untuk Indonesia. 

Beasiswa ini diinisiasi oleh senior-senior saya di Persatuan Pelajar Indonesia di Korea beberapa tahun yang lalu. Saya pribadi lupa sudah berapa lama program ini berjalan, yang jelas kami bertujuan untuk turut berkontribusi secara langsung terhadap pendidikan di Indonesia. 

Kenapa koq anak SD, SMP dan SMA? alasan utama adalah banyak sekali siswa-siswi berperetasi yang masih sangat kesulitan untuk memperoleh dana pendidikan. Jika kita mau membuka mata lebih jeli, banyak di sekitar kita yang memerlukan bantuan untuk tetap melanjutkan pendidikan demi masa depan yang lebih baik. Untuk sementara Beasiswa BPI ini hanya membantu biaya pendidikan utama seperti SPP, namun mungkin tim BPI akan memiliki pertimbangan tertentu untuk alokasi beasiswa yang tersedia.

BPI ini biasanya memerlukan rekomendasi mahasiswa Indonesia yang ada di Korea. Bagi teman-teman yang memiliki kenalan siswa berprestasi yang memerlukan bantuan bisa kontak saya untuk rekomendasi, atau bisa juga langsung kirim email yang tercantum (bpi@perpika.kr)

Maju terus pendidikan Indonesia, semoga kontribusi kami mahasiswa Indonesia di Korea atau luar negeri lainnya bisa turut membantu memajukan pendidikan di Indonesia. 

Video tahun 2008 yang saya temukan di Youtube mengenai penyerahan BPI. 



Berikut kutipan dari website bpi.perpika.kr
Berita gembira, BPI (Beasiswa PERPIKA untuk Indonesia) tahun 2013-2014 sudah dibuka kembali!Teman-teman Pelajar Korea yang mempunyai kenalan adik-adik usia sekolah SD, SMP atau SMA yang berpresitasi namun sangat butuh bantuan finansial untuk meneruskan pendidikannya, bisa merekomendasikan adik-adik tersebut untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan dari BPI.Teman-teman sekalian bisa menjadi pihak yang merekomendasikan, menjembatani, dan berpartisipasi aktif dalam hal pendistribusian informasi.Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengirimkan laporan singkat berupa gambaran keadaan calon penerima beasiswa yang direkomendasikan, mencakup:
  • Surat permohonan berisi data diri (prestasi, kegiatan yang diikuti di sekolah dan kelas yang dienyam)
  • Kondisi ekonomi keluarga (pekerjaan orang tua, kisaran pendapatan orang tua, dan jumlah tanggungan anak dalan satu keluarga)
  • Alasan pengajuan beasiswa
  • Perkiraan biaya SPP perbulan
  • Tidak merokok
  • Essay tentang motivasi dan impian hidup di masa depan serta tentang keluarga dari dahulu sampai sekarang
  • Berkomitmen mengikuti kegiatan yang akan diselenggarakan oleh PERPIKA di Indonesia untuk pembinaan karakter
Pendistribusian beasiswa dialokasikan untuk tahun ajaran semester Genap 2014-2015 dengan durasi 1 tahun ajaran. Kegiatan penyeleksian dilakukan sejak pengumuman ini diberikan dan ditutup pada pertengahan bulan Desember 2013.Pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada awal bulan Januari 2014.Selanjutnya tim BPI akan berkoordinasi dengan pihak perekomendasi dalam hal pemberkasan. Setelahnya, Tim BPI akan mengumumkan calon penerima beasiswa berdasarkan hasil seleksi dan jumlah kuota yang tersedia.Data-data di atas bisa dikirim ke alamat email ini: bpi@perpika.kr
Penyerahan Beasiswa BPI
Penyerahan BPI secara simbolis di awal tahun 2013

Comments

  1. selamat pagi
    bagaimana cara menghubungi bapak ??
    apa saja syarat sayaratnya?
    karna saya punya sepupu yang kurang mampu tapi dia berprestasi disekolahnya
    mohon dibantu infonya pak...kalau bisa diemailkan ke bsungkar@gmail
    terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  2. ass. maaf sebelumnya,jika kita ingin merekomendasikan kita sendiri apakah boleh?

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi.. mohon infonya.. apakah beasiswa ini bisa untuk anak PNS yang dari segi penghasilan pas-pasan? mengingat anaknya sangat berprestasi.. mohon bantuan infonya diemail ke gusti.gdeputra@gmail.com

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Ka saya ingin mendaftarkan diri
    Bagaimana caranya ka

    ReplyDelete
  6. Maaf pak bagaimana caranya untk mendaftarkan diri? Mohon responnya

    ReplyDelete
  7. Bagaimana cara untuk mendaftarkan diri ?

    ReplyDelete
  8. Bagaimana cara mendaftarkan diri? Mohon responnya
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Terimakasih informasinya.
    Bagaimana cara mendaftarkan diri, kalau bisa diemailkan ke khaerudinbanten@gmail.com
    Salam Sukses

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone