Gebrak Pendidikan di Korea - Belajar Membuat Blog dan Menulis di Musholla At-Taubah Gwangju


Suasana Pelatihan di Musholla At-Taubah  dengan Fasilitas Lengkap LCD Viewer
Sejak minggu lalu, di agenda saya sudah tertulis untuk menyanggupi berbagi cerita bersama rekan-rekan Pekerja di Gwangju mengenai cara membuat blog dan tips menulis di blog. Acara ini merupakan acara yang diinisiasi oleh tim Gebrak Pendidikan - sebuah Gerakan Bersama Komunitas Indonesia di Korea untuk Pendidikan (PERPIKA, UT KOREA, ICC dan KMI). Salah satu agendanya adalah "Perpika Mengajar' yang berisi acara berbagi ilmu dengan rekan-rekan pekerja di Korea Selatan. Tema acara ini berisi beberapa topik diantaranya  Bahasa Inggris, Bahasa Korea dan Pelatihan IT. 

Sebelumnya saya cukup terkejut karena saya diberikan kesempatan utnuk berbagi di acara ini, padahal sebenarnya masih banyak teman-teman yang lain yang memiliki kemampuan dan kapasitas lebih oke daripada saya. Tapi.. ini tantangan yang sangat menarik, membuat saya jadi harus belajar lagi tentang dunia blog, tulis menulis dan sekaligus memotivasi saya untuk lebih sering update blog.

Saya ingat pesan guru saya, jikalau suatu saat nanti kita diberi kesempatan atau amanah untuk membagikan ilmu ke orang lain, maka kita harus siap dengan sukarela dan meluruskan niat untuk menebar manfaat. Karena sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat. Ngomong-ngomong soal saling berbagi, di luar sana banyak cara berbagi dengan orang lain, ada yang berbagi ilmu, ada yang berbagi hartanya dan tenaganya. Indonesia merupakan negara dengan indeks berbagi yang cukup tinggi berada di peringkat ke-7 se-dunia pada tahun 2012. Banyak gerakan-gerakan berbagi di Indonesia seperti Sedekah Rombongan, #IlmuBerbagi, Indonesia Mengajar dan lain sebagainya. Ada yang berupa berbagi ilmu, pemberdayaan masyarakat, bersedekah, dll. 

Baiklah, kembali ke cerita utama. Sesuai agenda bahwa sabtu malam saya sudah di Gwangju, maka saya rencananya berangkat dari Jinju menuju Gwangju selepas nge-lab hari Sabtu sore. Awalnya direncanakan akan berangkat pukul 4 sore dari Jinju. Tapi rencana ini berantakan gara-gara sopir taksi yang salah memberikan informasi tentang jawal bus. Akhirnya, saya baru dapet tiket jam 17:30 sore dan baru tiba di terminal Gwangju 2 jam kemudian disambut oleh hujan yang cukup deras. Sesampai di terminal Gwangju, saya dijemput oleh kang Ipan menggunakan mobil Musholla, dari terminal menuju musholla cukup jauh dan sepanjang perjalanan hujan masih terus membasahi bumi Gwangju.

Hujan yang cukup deras ini ternyata tidak menyurutkan semangat mas-mas untuk berpartisipasi dan belajar di Musholla At-Taubah. Secara singkat, setelah sambutan dari tuan rumah dan penanggungjawab kegiatan, akhirnya materi seputar pembuatan blog dan tips menulis bisa saya sampaikan dengan cukup lancar. Selain mengenalkan melalui materi, kami langsung praktek dan akhirnya beberapa peserta pelatihan berhasil membuat blog dan menuliskan beberapa tulisan di blog masing-masing.
Suasana Pelatihan (Foto: Ardiansyah)
Tentang tips menulis, ternyata banyak yang baru sadar bahwa menulis itu bisa memperoleh ide dari mana saja, jadi tidak ada istilahnya nggak ada ide untuk menulis. Berawal dari satu kata, kami bisa bercanda dan merangkai paragraf yang lucu, menarik dan berisi. Berawal dari suatu gambar, akhirnya kami bisa membuat sebuah paragraf tentang presepsi masing-masing dari gambar tersebut. Secara umum saya salut dengan semangatnya, salut dengan kemauan untuk belajar hal yang baru! dan ini juga menambah semangat saya untuk lebih rajin menulis lagi.

Nah, inilah beberapa blog yang kami buat malam ini
  1. masabimanyu.blogspot.com 
  2. saripudinslamet.blogspot.com
  3. useonggang7.blogspot.com
  4. perjuanganpenuhderita.blogspot.com
  5. bakso-korea.blogspot.com
  6. afnisalafudin.blogspot.com
  7. ifenk.blogspot.com
  8. koreanleaves.blogspot.com
  9. sukadukadikoreaselatan.blogspot.com
Sedangkan materi malam ini bisa di unduh disini. Oh iya, blog-blog di atas, dibuat saat itu juga lo.., memang sih ada beberapa yang belum berkesempatan membuat langsung karena masih belum membawa komputernya, namun beberapa bahkan membuatnya melalui media smartphone yang ada dan isinya tidak kalah dengan yang menggunakan laptop.
Camilan mantap malam ini :)
Yang jelas, malam ini seru, kami banyak bercerita, bercanda dan rasanya ketika kita membagiakan hal baru kepada orang lain itu.. priceless.. :) mungkin bagi beberapa orang hal sederhana, tetapi terkadang bagi orang lain hal itu sangat berharga.
Semoga semangat untuk meulis dan berbagi melalui blog bisa tumbuh lebih besar lagi.. ^^

NB: Terima Kasih kepada teman-teman Perpika, Gerakan Gebrak Pendidikan Korea dan amir Musholla At-Taubah, dan pihak-pihak lain yang mendukung kegiatan ini. :)

Gwangju, diiringi Hujan rintik-rintik di luar Musholla At-Taubah Gwangju.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama