4G LTE Advanced: Internet LTE Tercepat di Dunia diluncurkan di Korea Selatan

Kecepatan LTE Advanced yang ditunjukkan oleh model dalam acara peluncuran Galaxy S4 Advanced 26 Juni 2013

Jaringan apakah yang saat ini sedang Anda gunakan?
Apakah 2G untuk yang hanya untuk saluran telepon, 3G WCDMA yang disertai konektivitas data, 3G HSDPA/HSUPA yang sudah memiliki potensi kecepatan di atas 1 Mbps, ataukah Jaringan 4G LTE yang memiliki potensi kecepatan  hingga 100 Mbps?. Atau malah, Anda termasuk pengguna yang kurang beruntung dengan berlangganan paket Internet yang dijanjikan operator berupa data berkecepatan 1 Mbps, tapi ternyata kecepatan download yang didapat mentok di bawah 100 kbps? *turut berduka cita untuk Anda.

Jika Anda merasa jaringan layanan data anda gunakan dirasa lemot, tampaknya Anda perlu berbesar hati untuk harus mengakui bahwa koneksi anda yang lemot itu telah bergeser menjadi koneksi yang "Sangat Lemot!". Karena pada tanggal 25 Juni yang lalu, SK Telecom di Korea Selatan telah meluncurkan layanan data pada tingkatan selanjutnya yaitu 4G LTE Advanced.

Apakah 4G LTE Advanced?
4G LTE Advanced merupakan singkatan dari Fourth Generation Long Term Evolution Advanced, yaitu teknologi paling mutakhir pengembangan dari jaringan mobile 4G. 4G LTE Advanced ini di desain dan di luncurkan ke konsumen pengguna smartphone dan tablet sehingga mereka dapat memperoleh kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan konektivitas LTE yang sudah ada saat ini.

Berdasarkan presentasi dari qualcomm pada tahun 2010 di bawah ini, mereka membandingkan dan membuat road-map perkembangan jaringan mobile yang berpotensi untuk di implementasikan dalam kurun waktu 3 tahun berikutnya. Presentasi yang dibuat tahun 2010 ini kemudian benar-benar terjawab dengan peluncuran jaringan LTE4 advance yang pertama di dunia oleh SK Telecom.
Salah satu presentasi dari Qualcomm pada tahun 2010
Dari gambaran slide di atas potensi kecepatan yang dimiliki oleh 4G LTE Advanced adalah sebesar 1 Gbps! sebuah potensi peak speed yang jauh sangat besar dibandingkan dengan 4G LTE yang sudah ada saat ini. meskipun di dunia nyata, dikarenakan keterbatasan jaringan dan faktor lainnya potensi kecepatan saat puncak dengan kecepatan yang diperoleh konsumen memiliki perbedaan. Seperti misalnya pada generasi 4G LTE kecepatan potensinya adalah hingga 300 Mbps, namun di dunia nyata, kecepatan yang diperoleh antara 10-100 Mbps. Lebih tepatnya rata-rata pengguna hanya berpotensi stabil disekitar 15-50 Mbps saja.

Sedangkan apabila kita lihat potensi kecepatan 4G LTE Advance yang hingga 1000 Mbps, berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan oleh SK Telecom, potensi kecepatan sementara adalah hingga 150 Mbps dengan handcet yang menunjang. Beberapa review menyatakan untuk sementara kemungkinan kecepatan "wajar" 4G LTE Advance adalah 100 Mbps. Kecepatan ini sudah jauh lebih cepat daripada konektivitas wifi di kamar saya! yang berpotensi hanya 40-an Mbps.




Hingga tulisan ini di buat pada akhir Juli 2013, sudah ada dua operator di Korea Selatan yang menyediakan layanan LTE Advanced. Dua operator ini adalah SK Telecom dan LG Uplus yang baru meluncurkan layanannya pada tanggal 18 Juli 2013.

Seberapa cepat penggunaannya di dunia nyata yang sudah di coba?. Saya akan mengutip dari salah satu website Korea yang mereview koneksi 4G LTE Advanced membandingkannya konektifitas 4G LTE yang sudah ada.

Berdasarkan ujicoba oleh cetizen.com di bawah ini, mereka menguji konektivitas di beberapa lokasi. Kali ini saya hanya mengambil 3 lokasi saja. Yaitu Myeong-dong. yang terkenal dengan tempat wisata belanjanya. Kedua adalah Yeoido, disana terdapat Kedutaan Besar Republik Indonesia berdekatan dengan area bisnis dan terahir adalah di Gangnam, nama tempat yang sangat terkenal berkat lagu Gangnam Style yang di populerkan oleh Psy.



Dari ketiga gambar pengujian di 3 lokasi tersebut tampak memang 4G LTE Advance unggul 2-6 kali lebih cepat dibandingkan menggunakan jaringan 4G LTE biasa. Sebuah kecepatan yang luar biasa menurut saya. Karena saya ingat betul, bisa download stabil dengan kecepatan 100 Kbps adalah suatu hal yang indah, saat saya masih S1 dulu di Indonesia. Namun kini ketika download hanya dapat 1 Mbps, saya sudah merasa itu sangat lambat. Sebenarnya di review yang mereka tulis, mereka mencoba di beberapa lokasi yang belum tercover jaringan LTE-A sehingga hasil pengujian menunjukkan SKT LTE-A lebih lambat dibandingkan jaringan LTE SKT dan jaringan milik operator lainnya. Mungkin pembangunan infrasturktur dan pengembangan jaringan masih terus dilakukan oleh operator.

Kembali ke pengujian kecepatan, uniknya, mereka juga menguji bagaimana kecepatan dan stabilitas koneksi internet ini ketika digunakan dalam kendaraan dengan kecepatan 100 Km/jam. 

Hasilnya ternyata berbeda dengan pengujian yang lain, tampak bahwa LGU+ LTE lebih stabil di kecepatan rata-rata sekitar 24 Mbps, sedangkan SKT LTE-A pada kecepatan rata0rata 23.6 Mbps.



Untuk saat ini, smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE Advanced adalah Samsung Galaxy S4 Advanced yang sudah diluncurkan pada akhir Juni lalu. Belum ada informasi handset lainnya yang mendukung Koneksi 4G LTE Advance ini.

Artikel Gadget & Technology berikutnya saya akan coba review Samsung Galaxy S4 Advance yang merupakan Smartphone dengan prosessor tercepat di muka bumi pada saat ini (Juli 2013), karena berkecepatan 2.23 GHz Quad core yang merupakan Smartphone pertama mendukung jaringan 4G LTE-A.

Pesan saya, mari kita syukuri berapapun konektivitas yang kita peroleh saat ini, semoga akan menjadi lebih baik di masa mendatang. Terutama untuk Indonesia, dengan infrastruktur yang ada, operator lebih baik membuat koneksi yang stabil bagi seluruh pengguna di Tanah Air, sebelum melangkah pada teknologi berikutnya. Namun tetap harus mempersiapkan teknologi baru untuk diaplikasikan di jaringannya sehingga Indonesia tidak terlalu tertinggal dari negara lainnya. Semoga.

Jinju, penutup bulan Juli 2013.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama

Bagaimana membuat Time-lapse Video Menggunakan Smartphone