Cara menggunakan loker penyimpanan barang di stasiun subway Korea Selatan

Ketika bepergian di Korea dan membawa barang bawaan yang cukup berat ada salah satu trik yang bisa digunakan agar ketika jalan-jalan barang bawaan kita yang berat tidak perlu dibawa kemana-mana. Cara pertama adalah menyewa penginapan dan menaruh barang bawaan di penginapan, namun apabila hanya trip satu hari maka cara terbaik adalah memanfaatkan loker yang tersedia di setiap stasiun subway. 

Beberapa kota di Korea Selatan yang memiliki jaringan subway seperti Seoul, Busan, Daejon, Daegu, dll. memiliki fasilitas loker di setiap stasiunnya. Loker ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang sementara, misalnya Koper, tas belanjaan, dll. Ukuran loker ini bervariasi, ada yang besar ada yang medium ada dan tentu tersedia ukuran kecil. 

Selain sebagai tempat penyimpanan, ada layanan lain yang disediakan diantaranya adalah untuk layanan pengiriman barang, penerimaan barang dan laundry. Namun kali ini tulisan ini fokus hanya pada layanana penitipan barang.

Tarif penggunaan loker

  1. Loker penyimpanan barang ukuran kecil biasanya biayanya 2000 won, ukuran besar 3000 won, (perhitungannya berdasarkan waktu 24 jam, apabila lebih dari 24 jam akan ada biaya ekstra setiap jam-nya)
  2. Untuk loker layanan pengiriman barang ke rumah biayanya untuk loker kecil sebesar 2000 won, loker besar 3000 won.
  3. Biaya pengiriman umumnya 6000 won, untuk Pulau Jeju 8000 won dan pulau lain sebesar 10,000 won
  4. Biaya packing sebesar 2000 won (untuk jasa pengiriman) apabila beratnya lebih dari 10 kg akan dikenakan biaya tambahan.
  5. Ada pula jasa untuk mengirimkan barang dalam loker ke stasiun lain dikenakan biaya sebesar 10,000 won setiap kotak.
  6. Untuk penggunaan jangka panjang dikenakan biaya sebesar 100,000 won setiap bulan. Untuk jasa ini kita perlu menghubungi nomor 1588-2625 untuk pemesanannya.
Fitur-fitur yang disediakan di loker umum 
  1. LCD screen untuk informasi penyimpanan dan pengambilan
  2. Pembayaran menggunakan T-Money
  3. Pembayarang menggunakan kartu kredit
  4. Jasa pengambilan bukti penyimpanan --> Fitur yang ini saya kurang paham maksudnya. 
  5. CCTV untuk keamanan
Cara menyimpan Barang
subway locker storage
  1. Pada pilihan di layar loker, pilih nomor “1 물품 보관하기 (Storage)”
  2. Kemudian muncul gambar loker (atau nomor loker pada beberapa lokasi yang tidak tersedia lcd besar) Pilih nomor loker yang dikehendaki kemudian pilih “확인 (Confirm).” Loker yang tersedia biasanya berwarna biru yang tidak tersedia berwarna lain dan tidak dapat dipilih.
  3. kemudian masuk ke pembayaran. Pada baris pertama akan tampak biaya penggunaan di gambar di atas tercantum 2000 won untuk loker kecil. Kemudian pilih metode pembayaran 1) T-money; 2) Credit Card; 3) Cell Phone; 4) Cash. Pembayaran menggunakan telepon hanya tersedia bagi yang sudah memiliki nomor Korea dan pascabayar.
  4. Tahapan berikutnya adalah pembayaran. Sesuai petunjuk, apabila menggunakan T-Money, maka tempelkan T-Money pada tempat yang tersedia. Pastikan ada cukup saldo pada T-Money-nya.
  5. Buka loker dan masukkan barang yang akan disimpan
  6. Tutup loker, pastikan barang berada di belakang titik merah agar pintu dapat menutup sempurna. Puntu loker akan mengunci secara otomatis setelah loker ditutup. Close Locker. 
  7. Pastikan kita tidak menghilangkan kartu yang digunakan untuk membayar karena akan digunakan kembali untuk membuka loker.  
Cara mengambil barang
subway locker pick up
  1. Pada menu yang tersedia pilih nomor “5 물품찾기 (Pick-Up)”.
  2. Ada dua pilihan yaitu. #1: 본인이 보관한 물품 찾기 (Pengambilan barang saya) / #2: 타인에게서 전달 받은 물품 또는 택배물품, 다른 역 이동 물품 찾기 (Pengambilan barang dari kurir)
  3. Pada menu metode pembayaran, pilih metode pembayaran yang sebelumnya dilakukan dan gunakan kartu yang sama.
  4. Konfirmasi pembayaran, dengan meletakkan kartu yang sebelumnya digunakan untuk menyimpan barang.
  5. Menu pilihan untuk pengambilan barang. #1: 예 (Ya, konfirmasi untuk pengambilan barang) / #2: 아니오 (Tidak, untuk membatalkan pengambilan barang dan menyimpan kembali). Setelah memilih "ya" maka apabila ada biaya tambahan akan didebit dari kartu (jika menggunakna kartu).
  6. Buka loker dan ambil barang yang disimpan.
  7. Tutup loker, maka loker akan terkunci kembali dan siap digunakan untuk pengguna berikutnya.

Jinju, saat merencanakan perjalanan untuk akhir Februari 2014. Semoga bermanfaat ^^

Comments

Popular posts from this blog

Tips Belajar Menyetir Mobil dalam Seminggu

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Belajar Menyetir Mobil Hari Pertama