Sepanjang 2011, Ditemukan 140 Spesies Baru


TEMPO.COLos Angeles - Para ilmuwan tak pernah berhenti melakukan pencarian makhluk hidup jenis baru yang ada di berbagai belahan bumi. Sepanjang tahun ini saja telah ditemukan 140 makhluk hidup jenis baru, demikian hasil penelitian para ilmuwan dari Akademi Sains California di Los Angeles, Amerika Serikat.

Makhluk hidup jenis baru yang ditemukan terdiri dari 72 jenis Arthropoda, 31 siput laut, 13 ikan, 11 tumbuhan, 9 spons laut, 3 koral laut, dan satu jenis reptil.

Lokasi penemuan mencakup enam benua kecuali Antartika, dan tiga samudera yaitu Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Para peneliti juga harus mencari dari pucuk pegunungan hingga lembah dasar laut untuk menemukan makhluk hidup jenis baru tersebut.

"Mulai dari daerah di sekitar California hingga bagian lain dunia di Kamerun," kata salah seorang peneliti.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di 33 jurnal ilmiah telah menambah catatan kehidupan di bumi serta membantu para peneliti Akademi menjawab dua pertanyaan ilmiah terpenting dalam hidup, yakni "Bagaimana kehidupan berkembang?" dan "Bagaimana kehidupan bertahan?"

Peneliti lain mengatakan, menemukan makhluk hidup jenis baru, mengidentifikasinya, serta mengelompokkannya sesuai garis evolusi dengan makhluk hidup jenis lain menjadi faktor krusial untuk merumuskan informasi yang bisa dijadikan dasar pengambilan kebijakan konservasi pada tingkat nasional.

Comments

Popular posts from this blog

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Mengenal Sosok dalam Uang Kertas Korea Selatan

Cara menggunakan loker penyimpanan barang di stasiun subway Korea Selatan