Perkuat Bidang Bioteknologi, Universitas Jember Gandeng Perguruan Tinggi Korea Selatan

Musim semi tahun ini, Rektor Univ. Jember dan Prof. Bambang Sugiharto mengunjungi Gyeongsang National University (GNU) untuk menjalin kerjasama di bidang Bioteknologi. Kerjasama ini sebagai tindak lanjut secara formal tentang kerjasama-kerjasama yang sebelumnya sudah terjalin secara informal antar peneliti di Unej dan GNU. Saat ini ada 6 Orang alumni Unej yang sedang belajar dan bekerja sebagai peneliti di GNU. 

Kerjasama yang terjalin antara UNEJ-GNU ini diawali dengan kerjasama personal antara Profesor yang kebetulan satu almamater saat menyelesaikan studi S3 di Jepang. Pada tahun 2002 mahasiswa Indonesia pertama yang merupakan alumni Universitas Jember tiba di Kampus GNU dan menempuh pendidikan Master-Ph.D. Berawal dari hal ini, di tahun-tahun berikutnya kerjasama melebar hingga kerjasama penelitian, kolaborasi penulisan jurnal dan penerimaan mahasiswa asal unej di GNU yang murni berdasarkan rekomendasai Profesor ke Profesor.

Saya menyadur artikel asli dari website unej.ac.id mengenai berita kunjungan ini, meskipun menurut saya ada beberapa yang kurang tepat redaksinya. Semoga kerjasama yang terjalin membuahkan manfaat yang lebih besar bagi ilmu pengetahuan. 

Berikut berita dari web UNEJ yang baru sempat saya posting bulan ini:


Jember, 16 April 2013

Universitas Jember serius menggarap bidang bioteknologi. Keseriusan ini diwujudkan antara lain dengan pendirian Center for Development Advanced Science Technology (C-DAST) yang fokus di bidang bioteknologi. Pendirian C-DAST ditindaklanjuti dengan usaha menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri, salah satunya perguruan tinggi yang ada di Korea Selatan. “Kami menjalin kerjasama resmi dengan Gyeongsang National University untuk mendukung C-DAST, sekaligus sebagai rintisan untuk membuka Program Studi Bioteknologi di Kampus Tegalboto,” jelas Rektor Universitas Jember yang berkunjung ke Korea Selatan tanggal 8 dan 9 April 2013 lalu.
GNU juga telah menjadi salah satu perguruan tinggi tujuan para dosen dan peneliti di Kampus Tegalboto untuk menimba ilmu. Saat ini ada dua dosen yang tengah menjalani program post doctoral dan tiga dosen lain yang menempuh S2 dan S3 di perguruan tinggi yang berkampus di kota Jinju itu. “Proses mendapatkan beasiswa pada perguruan tinggi di Korea Selatan lebih mudah jika dibandingkan dengan misalnya di Jepang yang mensyaratkan adanya sponsor. Di Korea Selatan banyak penelitian yang memiliki alokasi dana bagi mahasiswa yang ingin menempuh S2 dan S3, dengan syarat mereka terlibat dalam penelitian itu,” tutur Prof. Dr. Bambang Sugiharto.

Selama kunjungan di Kampus Gyeongsang National University (GNU), rombongan Universitas Jember yang terdiri dari Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD dan Prof. Dr. Bambang Sugiharto disambut langsung oleh Rektor GNU, Prof. Dr. Soon-Ki Kwon. Bahkan C-DAST Universitas Jember mendapatkan dukungan dari dua pusat riset milik GNU, yakni Plant Molecular Biology and Biotechnology Research Center (PMBBRC) yang dipimpin oleh Young Ryun Chung, PhD dan System and Synthetic Agrotechnology Center pimpinan Prof. Dr. Sang Young Lee.            
Pemilihan Gyeongsang National University (GNU) bukan tanpa sebab. Menurut Prof. Dr. Bambang Sugiharto, ahli Bioteknologi Universitas Jember, perkembangan bidang Bioteknologi di Korea Selatan maju pesat. Sebagai contoh GNU sendiri telah berhasil mengembangkan kucing melalui teknologi kloning tahun 2007 lalu. “GNU juga sudah mengembangkan padi transgenik. Sementara saya sendiri berencana mengembangkan tebu transgenik dengan memanfaatkan sumber genetika tebu yang dimiliki oleh GNU,” jelas Prof. Dr. Bambang Sugiharto.
Yang lebih membanggakan, para dosen dan peneliti Universitas Jember yang menimba ilmu di GNU diakui memiliki prestasi yang baik. “Prestasi yang sudah ditunjukkan oleh para dosen dan peneliti Universitas Jember itulah yang menjadi salah satu sebab Gyeongsang National University mau bekerjasama dengan kita. Bahkan GNU mendukung penuh rencana Universitas Jember mendirikan Program Studi Bioteknologi,” kata Drs. Moh. Hasan, MSc., Ph.D.
Selain mengunjungi GNU, rombongan Universitas Jember juga menyempatkan diri bertamu ke Kampus Kyungpook National University (KNU) di kota Daegu. Untuk diketahui, Universitas Jember telah memiliki jalinan kerjasama dengan KNU. Menurut rencana Rektor KNU, In Suk Hamm, Ph.D berencana mengunjungi Kampus Tegalboto tahun ini.
Sumber: website unej

Comments

Popular posts from this blog

Panduan Ukuran Baju di Korea dan Konversi ke Ukuran Internasional (Baju, Sepatu dan Bra)

Mengenal Sosok dalam Uang Kertas Korea Selatan

Cara menggunakan loker penyimpanan barang di stasiun subway Korea Selatan